Skip to main content

Setelah itu, tutup lapisan teratas dengan jerami

Berikut ini beberapa tahap aktivitas persiapan bibit menurut Rahmat Rukmana, di antaranya: Memilih tanaman atau rumpun jahe induk yang telah berusia tua antara 9-10 bulan setelah penanaman.

Cirinya yaitu ditandai dengan layu atau mengeringnya tajuk tanaman.

Pastikan tajuk tanaman yang layu bukan disebabkan oleh hama atau penyakit menular karena ditakutkan akan menjangkiti tanaman lainnya Mengambil rumpun induk dengan cara membongkarnya hati-hati menggunakan cangkul agar tanaman tidak mudah rusak, lecet, ataupun memar.

Bersihkan rimpang dari tanah, akar, dan batang yang menempel.

 Setelah itu, tutup lapisan teratas dengan jerami

Jemur rimpang selama beberapa saat hingga kulitnya menjadi keras dan mengilap, tetapi tidak boleh sampai terlalu kering .Simpan rimpang di tempat penyimpanan sampai tumbuh tunas-tunas kurang lebih selama 15-30 hari.

Khusus untuk menumbuhkan tunas pada rimpang jahe, ada beberapa alternatif yang dapat Anda pilih.

Alternatif 1 Merupakan cara alternatif dalam mempersiapkan bibit sebelum ditanam di mana metode ini memiliki tahapan antara lain: - Menyimpan rimpang di tempat/gudang penyimpan sekitar sebulan lamanya.

-Mematahkan rimpang dengan tangan menjadi beberapa potongan rimpang yang berukuran panjang 3-7 cm dengan berat sekitar 45-60 gr untuk jahe gajah, dan 20-40 gr untuk jahe putih dan merah.

-Jemur semua potongan rimpang selama setengah hari atau sehari penuh Mempersiapkan larutan berisi agrymicin sebanyak 30 grO di dalam ember atau wadah berisi 100 liter air.

29 karung, khusus yang beranyam bambu.

Isi tiap-tia karung dengan rimpang sebanyak 10 kg.

Rendam karung yang berisi rimpang tersebut ke dalam drum yang telah diisi dengan larutan bakterisida kura lebih sekitar 5 menit.

Jika drum terisi dengan 100 liter air, maka itu akan cukup untuk merendam rimpang jahe sebanyak 1 ton.

Bila Anda juga ingin mempercepat pertumbuhan tunas pada rimpang, maka Anda dapat menambahkan zat pengatur tumbuh (ZPT) pada larutan bakterisida sebanyak 25 cc/100 liter.

-Membungkus atau meletakkan rimpang di dalam - - Jemur kembali rimpang sampai benar-benar kering - Menumbuhkan tunas pada rimpang dengan jalan menyimpannya dalam peti kayu di mana semuanya disusun secara berlapis.

29 karung, khusus yang beranyam bambu

Setiap lapis berisi rimpang yang telah diberi sekam padi atau abu dapur yang berperan sebagai media semai sekaligus menyerap air yang masih tersisa pada rimpang.

- Segera mengeluarkan rimpang yang telah bertunas dengan ukuran sekitar 3-5 cm, kemudian segera menanamnya.

& Alternatif 2 Sedikit berbeda dengan alternatif 1, cara mempersiapkan bibit yang satu ini memiliki tahapan aktivitas sebagai berikut: - Menyediakan atau membuat beberapa tempat atau gudang yang terbuat dari anyaman bambu sebagai tempat penyimpanan berukuran 10 m x 8 m.

Pada masing-masing tempat nantinya akan digunakan untuk menumbuhkan tunas rimpang jahe sebanyak 3 ton.

-Membuat beberapa bedengan di dalam gudang yang terbuat dari jerami kira-kira setebal 3 cm.

-Meletakkan rimpang jahe di atas bedengan secara teratur hingga mencapai ketebalan 10 cm, lalu tumpuk lagi dengan jerami di atasnya.

Lakukan secara berulang hingga rimpang tersusun 4 lapis.

Setelah itu, tutup lapisan teratas dengan jerami.

30 Semprot tumpukan rimpang pada bedengan dengan obatpencegahjamurdanbakteri(fungisida&bakterisida) secukupnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Tidur Box Bayi Desain Eropa Aman Pilihan Ibu Hamil, Claire et Agnés & Luniklo

Box bbayi jadi salah satu peralatan balita yang harus terdapat, paling utama sehabis sang kecil lahir. Hingga umur sebulan, balita pula lebih banyak tidur, kira- kira 20 jam satu hari. Tidak hanya itu, box balita dapat digunakan sampai anak berumur 3 tahun. Hingga itu, memilah box balita yang aman serta nyaman jadi sangat berarti buat para orangtua. Gimana metode memilah box balita yang sangat baik? Gimana memilah metode box balita yang nyaman? Tempat tidur ataupun box buat balita ini ialah ruang kepunyaan balita Kamu, yang nantinya hendak mereka jelajahi sendiri dikala Kamu tidak mengawasinya. Berhubung Kamu tidak dapat selalu mengawasi balita Kamu, box buat balita ini haruslah nyaman, aman, serta berperan baik kala digunakan. Saat sebelum membelinya, hendaknya pertimbangkan sebagian perihal berikut ini terlebih dulu. 1. Beli yang mahal belum pasti bagus serta aman Membeli tempat tidur balita tidak butuh yang mahal, sebab mahal tidak menjamin kenyamanan serta keselamatan balit

Cari Tempat Tidur Bayi, Pilih Box Bayi Babydoes Saja!

Tya Ariestya, mantan pemain FTV yang menggemari berolahraga karate, itu tidak ingin kompromi terpaut kebutuhan sang jabang balita. Buat tempat tidur box balita, misalnya, dia memilah produk dari Claire et Agnés& Luniklo. Dia suka produk ini sebab desainnya bergaya Eropa. “ Saya seleksi luxury bed set furniture- nya Claire et Agnés sebab kualitasnya standar Eropa,” katanya dikala ditanya kenapa memilah bed set dari Claire et Agnés. Perihal itu disampaikannya dalam suatu video testimoni yang diunggah di web ClaireEtAgnes. com. Bagi ia, dari segi safety, produk dari Claire et Agnés& Luniklo telah terjamin keamanannya. Bahan yang dipakai juga, katanya, sangat nyaman untuk balita. Tidak mengherankan jika tempat tidur box balita desain Eropa ini sangat nyaman serta jadi opsi bunda berbadan dua. Tya pasti tidak sendirian bagaikan wujud yang menggandrungi produk industri asal Solo, Jawa Tengah, ini. Artis Sharena serta Felly Young pula dikenal memilah produk dari Claire et

4 Alasan Mengapa Pilih Kursi Besi Cafe

Furniture Jepara - Apakah Anda sedang merencanakan untuk membangun sebuah cafe? Jika iya pastikan semua furniture yang digunakan menarik dan bisa bertahan lama. Anda tentunya tidak ingin mengeluarkan banyak budget hanya untuk perbaikan furniture cafe bukan? Maka material yang harus dipilih harus benar-benar berkualitas. Ada dua jenis material yang biasanya dipilih untuk kursi cafe yakni besi atau kayu. Diantara keduanya menurut Anda manakah yang akan lebih bertahan lama serta memiliki penampilan yang awet? Kayu adalah bahan yang mudah rusak karena sifatnya yang memiliki pori. Pori kayu berfungsi untuk menyerap kelembaban udara dan mengubahnya menjadi jamur di kemudian hari. Jika cafe Anda lembab maka kursi dari kayu akan cepat rusak. Belum lagi meja dari kayu, akan ada banyak pengunjung yang datang dan sewaktu-waktu menumpahkan minuman di atas meja. Air dapat meresap ke dalam pori meja sehingga akan lebih mudah rusak dan menimbulkan jamur. Adanya jamur ini akan mengundang kedatan